Bagaimana Memulai Perkebunan Pisang Sendiri

Bagaimana Memulai Perkebunan Pisang Sendiri – Perkebunan pisang adalah fasilitas pertanian komersial yang ditemukan di daerah beriklim tropis di mana pisang ditanam. Tidak seperti memulai kebun pohon dan kebun buah lainnya, memulai pertanian pisang dan menanam pisang lebih mudah dan tidak rumit.

Perkebunan Pisang
Perkebunan Pisang

Menurut informasi meskipun bisnis Perkebunan Pisang masih membutuhkan perhatian, tingkat keterampilan yang dibutuhkan tidak seintensif pohon lainnya. Pertumbuhan pisang adalah mesin ekonomi yang signifikan di banyak negara pengekspor pisang karena padat karya.

Memberikan pendapatan mingguan sepanjang tahun, dan tanaman pulih dengan cepat dari badai dan bencana alam lainnya. Tanaman pisang dapat tumbuh dengan berbagai tingkat keberhasilan dalam kondisi iklim yang beragam, tetapi perkebunan pisang komersial terutama ditemukan di daerah khatulistiwa.

Teknik bertani di perkebunan pisang

Perkebunan pisang umumnya mengikuti salah satu dari empat teknik pertanian utama:

  • Pertanian intensif
  • Pertanian berkelanjutan
  • Pertanian organik
  • Pertanian perdagangan yang adil.

Apakah Anda Tertarik untuk Memulai Bisnis Perkebunan Pisang ini?

Pertanian Pisang Intensif

Pertanian Pisang Intensif adalah teknik pertanian yang membutuhkan pembukaan sebagian besar jika tidak semua vegetasi asli dari lahan, kemudian tanam secara padat dan pemupukan tanaman. Ini menghasilkan hasil tertinggi buah per hektar, dan dipandang oleh para ilmuwan lingkungan.

Sebagai teknik yang melibatkan sejarah risiko tinggi untuk kerusakan lingkungan lokal dan risiko kesehatan bagi para pekerja pertanian. Jangan lupa lupa untuk mengunjungi tautan Berita Hari ini Terbaru ini.

Pertanian Pisang Berkelanjutan

Seperti halnya pertanian berkelanjutan yang lebih luas, produksi pisang berkelanjutan bertujuan untuk mengintegrasikan tiga tujuan utama: pengelolaan lingkungan, profitabilitas pertanian, dan komunitas pertanian yang makmur. Memproduksi barang tanpa menghabiskan sumber daya alam.

Ekosistem adalah tujuan utama pertanian pisang berkelanjutan. Tujuan lebih lanjut dari profitabilitas pertanian dan komunitas pertanian yang makmur membahas masalah kelayakan pasar bebas yang mungkin mengancam kelangsungan bisnis, menjadikan upaya keberlanjutan ekologis dapat diperdebatkan.

Pertanian Pisang Organik

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, “tidak ada informasi yang tersedia mengenai berapa hektar saat ini sedang dikonversi atau berapa banyak produsen berencana untuk mengkonversi ke metode produksi organik.” Namun produsen pisang besar mengindikasikan mereka merespons permintaan pisang organik dengan fasilitas baru yang disesuaikan dengan pasar itu.

Pertanian Pisang yang Adil

Beberapa konsumen bersedia membayar harga premium untuk suatu produk, termasuk pisang, jika alat produksinya konsisten dengan filosofi Fair Trade. Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menerbitkan deskripsi produksi pisang perdagangan adil yang menyatakan.

Bagi produsen pisang ini berarti mereka memperoleh harga yang mencakup biaya produksi dan premi harga tambahan untuk diinvestasikan dalam peningkatan sosial, lingkungan, atau kualitas.

Berikut Adalah Beberapa tips Panduan Dalam Menanam Pisang dan Memulai Pertanian Pisang:

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memulai pertanian pisang adalah mencari iklim yang tepat. Pisang tidak dapat tumbuh subur di lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Iklim yang ideal untuk pisang adalah iklim tropis dengan suhu berkisar antara 26 hingga 30 derajat Celcius.

Di bawah 14 derajat dan pisang akan mati. Tanaman pisang juga membutuhkan irigasi dan kelembaban yang baik.

Baca Juga : Bisnis Suku Cadang Sepeda Motor

Kiat

Perkebunan Pisang, serta menanam buah, juga dapat mengemas, memproses, dan mengirimkan produk mereka langsung dari perkebunan ke pasar dunia. Bergantung pada ruang lingkup operasi, ukuran perkebunan dapat bervariasi dari operasi pertanian keluarga kecil hingga fasilitas perusahaan yang meliputi bidang tanah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *